Pasang Iklan Di Sini

Monday 15 April 2013

Rayakan HUT Kota, Warga Magelang Rebutkan Gethuk

Hari Jadi Kota Magelang yang jatuh setiap 11 April selalu diperingati dengan Grebek Gethuk. Dalam prosesi ini, Gethuk yang merupakan makanan khas Magelang dibentuk menjadi gunungan dan diperebutkan oleh ribuan warga yang hadir memadati alun-alun Kota Magelang.

Grebek Gethuk untuk memperingati Hari Jadi Kota Magelang ke 1107 dilaksanakan pada 14 April 2013. Selain berebutan Gethuk, tradisi kirab kereta kencana diiringi punggawa juga turut memeriahkan acara.Rally Mobil Kuno Pameran Magelang Tempo Doeloe mendahului serangkaian acara selama bulan April 2013. Kemudian dilanjutkan dengan upacara Hari Jadi Kota Magelang pada tanggal 11 April 2013.

Kurang lebih 150kg Gethuk disusun menjadi miniatur Gunung Tidar dan tower air minum yang menjadi ciri khas kota Magelang. Gethuk Gunung Tidar diwarnai dengan warna hijau, sedangkan tower berwarna coklat serupa dengan tower di alun-alun.

Lima buah gunungan Gethuk yang mempunyai ketinggian sekitar 2 meter akan disiapkan. Menariknya, ada satu gunungan getuk yang paling mencolok, tingginya sekitar 2,5 meter.

Disamping untuk memperingati hari jadi Kota Magelang, Grebek Gethuk juga ditujukan untuk tetap melestarikan budaya di Magelang, serta menjadi daya tarik tersendiri untuk menyedot animo masyarakat. Selain itu, tradisi Grebek Gethuk juga mencerminkan ungkapan rasa syukur atas semua hasil yang diperoleh, kemudian didedikasikan untuk kebersamaan dan berbagai antar masyarakat tanpa memandang perbedaan. (Laras)


Sumber Berita

0 comments:

Post a Comment