Pasang Iklan Di Sini

Sunday 24 February 2013

Barongsai Semarakkan Kirab Cap Go Meh

MAGELANG (KRjogja.com) - Kirab Barongsai dan Liongsamsi warnai perayaan Cap Go Meh 2564/2013 di Kota Magelang, Minggu (24/2). Kirab yang dimulai sekitar pukul 11.00 tersebut berlangsung semarak dan dipadati masyarakat.

Sebelum ikuti kirab, Barongsai dan Liongsamsi terlebih dahulu ikuti ritual di Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio Kota Magelang. Dalam ritual ini diantaranya dilakukan penyematan 'Hu' di bagian kepala Barongsai atau Liongsamsi oleh pendeta TITD Liong Hok Bio. 

Paul Chandra Wesi Aji, Ketua Yayasan Tri Bhakti Kota Magelang, kepada KRJogja.com mengatakan penyematan 'Hu' tersebut dimaksudkan sebagai tolak bala dan agar diperoleh kelancaran dan keamanan selama lakukan kegiatannya.

Usai lakukan ritual di TITD Liong Hok Bio Magelang, barongsay dan Liongsamsi langsung keluar halaman TITD Liong Hok Bio Magelang untuk lakukan kirab susuri beberapa ruas jalan di tengah Kota Magelang. Di sepanjang jalan yang dilalui, ada juga yang susuri depan pertokoan untuk mengambil 'Ang Pao' yang digantung pemilik toko dengan seutas tali di depan tokonya.

Beberapa grup kesenian juga ikuti kirab ini, diantaranya kesenian Topeng Ireng dari Kota Magelang, Soreng dari Pakis Magelang maupun kesenian lainnya. (Tha)

Sumber : Kedaulatan Rakyat

0 comments:

Post a Comment