Pasang Iklan Di Sini

Sunday 24 February 2013

Perayaan Cap Go Meh Meriah di Magelang

Perayaan yang dilakukan warga keturunan Tionghoa tersebut melibatkan beberapa kesenian tradisional daerah setempat, antara lain, topeng ireng, soreng, yakso buto, jatilan, dan dolalak.

Pembukaan perayaan tersebut dilaksanakan di halaman Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang, kemudian dilanjutkan kirab melewati beberapa jalan protokol Kota Magelang.

Ketua Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang Paul Candra Wesi Aji mengatakan bahwa perayaan Cap Go Meh di Magelang diselenggarakan dengan cara merangkul semua kalangan masyarakat, termasuk komunitas kesenian tradisional daerah.

"Kolaborasi dengan kesenian tradisional ini memang sudah menjadi harapan kami agar warga Tionghoa dan masyarakat Indonesia tetap bisa selalu berdampingan. Saya kira memang sudah tidak ada lagi yang perlu dibeda-bedakan, baik antara agama, ras, suku, maupun kepercayaan," katanya.

Ia mengatakan bahwa peringatan Cap Go Meh merupakan puncak perayaan Imlek setelah serangkaian acara dan kegiatan berlangsung selama 14 hari sebelumnya.

"Cap Go Meh ini puncak acaranya dan merupakan acara akhir. Seperti tradisi umat Islam namanya syawalan. Jadi, setelah beberapa hari diperingati kemudian ada acara penghujungnya," kata Paul.

Ia mengatakan bahwa tahun ini merupakan tahun Ular Air yang diperkirakan banyak keberuntungan dan peningkatan positif berbagai hal. Apalagi, tahun Ular Air ini juga diikuti oleh dua bintang kepintaran yang akan membantu dalam hal karier, keungan kesehatan, dan juga pendidikan.

"Tahun Ular Air menjadi tahun keburuntungan untuk negara dalam bidang perekonomian dan pendidikan menuju yang lebih baik," katanya. [ant]

Sumber: http://www.indonesiarayanews.com/news/nusantara/02-24-2013-18-16/perayaan-cap-go-meh-meriah-di-magelang

0 comments:

Post a Comment